Login

Username

Password



Not a member yet?
Click here to register.

Forgotten your password?
Request a new one here.

Program Kami

1. Layanan Konseling Profesional


YWII menyediakan layanan Konseling profesional bagi siapa saja yang membutuhkannya. Layanan konseling ini dipandu oleh Tolhas Damanik, M. Ed, seorang Konselor yang menyelesaikan pendidikan S1 pada jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta, dan meraih gelar S2 di bidang pendidikan dengan fokus keilmuan pada Konseling Rehabilitasi (Rehabilitation Counseling) dan Konseling Klinis Kesehatan Mental (Clinical Mental Health Counseling) dari Ohio University di Amerika Serikat.


Layanan konseling professional terdiri dari Konseling Pribadi, Konseling Keluarga dan Pasutri, Konseling belajar, dan Konseling Karier.


Jika anda, anggota keluarga, kerabat, dan rekan anda merasa terbebani oleh berbagai permasalahan dan membutuhkan layanan Konseling profesional, silakan menghubungi layanan Konseling Profesional YWII di:


Kantor YWII, Jl. Jawa No.159 RT/RW 004/007 , Beji Timur, Beji, Kota Depok
Telp : (021) 7775455
Atau email ke konseling@wahanainklusif.org


Para Penyandang Disabilitas dan orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas sangat didorong untuk dapat memanfaatkan layanan Konseling profesional ini.


Konseling diadakan pada hari Senin sampai dengan Sabtu, pukul 09:00 21:00 dengan perjanjian*


2. Pendidikan dan Pelatihan


Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 tahun 2009 tentang PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIKYANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN DAN/ATAU BAKAT ISTIMEWA , upaya pemenuhan hak-hak anak berkebutuhan khusus di bidang pendidikan melalui penyelenggaraan pendidikan inklusif di Indonesia telah memperlihatkan kemajuan. Namun penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah dasar dan menengah umum masih belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat dari belum optimalnya layanan yang diterima oleh para peserta didik berkebutuhan khusus dan banyaknya keluhan dari orang tua, guru dan masyarakat tentang keberadaan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.


Tantangan yang ada terkait dengan keterbatasan Guru Pembimbing Khusus (GPK) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, keterbatasan kompetensi guru kelas dan guru mata pelajaran untuk menyediakan layanan pendidikan termasuk di dalamnya menyelenggarakan asesmen, mengembangkan Program Pembelajaran Individual (PPI) dan modifikasi kurikulum serta pengembangan metode pembelajaran yang sesuai kebutuhan pembelajaran peserta didik di dalam kelas. Tantangan lainnya adalah terbatasnya kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan bagi para guru dalam rangka meningkatkan kompetensi mereka untuk menyelenggarakan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus pada seting inklusif, dan terbatasnya jumlah pusat sumber pendidikan inklusif yang memiliki kemampuan untuk mendampingi seluruh sekolah umum penyelenggara pendidikan inklusif. Menjawab tantangan tersebut, YWII menyelenggarakan layanan pendukung pendidikan inklusif yang dapat memberikan manfaat bagi peserta didik berkebutuhan khusus dan juga bagi orang tua serta sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.


Layanan Pendukung Pendidikan meliputi:

  • Asesmen. Setiap anak berkebutuhan khusus yang didampingi oleh YWII akan terlebih dahulu menjalani asesmen berupa asesmen akademik, asesmen fungsional, dan asesmen psikologis. Tujuan asesmen adalah mengumpulkan informasi mendalam tentang berbagai potensi yang dimiliki oleh anak, yang akan menjadi dasar bagi pembuatan Program Pembelajaran Individual (PPI), pengembangan kurikulum yang dimodifikasi, dan perencanaan pembelajaran. Asesmen dilakukan oleh pendidik yang terlatih serta tenaga profesional yang disediakan oleh YWII.
  • Pengembangan PPI dan perencanaan pembelajaran. PPI dan perencanaan pembelajaran dikembangkan berdasarkan hasil asesmen. Bentuk layanan yang akan diterima anak berkebutuhan khusus di YWII akan ditentukan berdasarkan PPI dan renccana pembelajaran yang dilakukan oleh staff pendidik bersama dengan orang tua dan anak berkebutuhan khusus yang bersangkutan. PPI dan rencana pembelajaran ini akan dievaluasi secara berkala setiap 3 bulan. Pengembangan PPI dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran anak di sekolah.
  • Layanan Pembelajaran bagi Peserta didik dengan Kesulitan Belajar, lambat belajar, dan Hambatan Intelektual Ringan. YWII saat ini menyelenggarakan layanan pendampingan pembelajaran bagi peserta didik dengan kesulitan belajar, lambat belajar, dan hambatan intelektual ringan. Tujuan dari penyelenggaraan layanan ini adalah untuk membantu orang tua di rumah dan guru di sekolah dalam mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal dari putera-puteri berkebutuhan khusus yang ada di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Layanan pembelajaran ini dilaksanakan di kantor pelayanan YWII dengan waktu yang disesuaikan dengan waktu di luar jam sekolah peserta didik. Layanan ini diberikan oleh pendidik dari YWII yang telah dilatih untuk menyelenggarakan penguatan atau remidial bagi peserta didik dengan kesulitan belajar, lambat belajar, dan hambatan intelektual ringan. Meski layanan pendampingan pembelajaran baru diselenggarakan untuk ketiga jenis kebutuhan khusus tersebut, namun pada prinsipnya YWII akan membantu anak dengan kebutuhan khusus lainnya seperti anak dengan hambatan penglihatan, anak dengan hambatan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, dan berbagai kebutuhan khusus lainnya.

Layanan pendampingan pembelajaran dilaksanakan hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08:00 18.00. Pada hari Sabtu pukul 08:00 15:00.


YWII menjadi penyedia layanan pelatihan bagi guru, orang tua dan masyarakat serta organisasi pemerintah/swasta dengan berdasarkan kepada kebutuhan dari masing-masing pihak.


Info selengkapnya terkait dengan pendidikan dan pelatihan silahkan menghubungi Kantor YWII,

KKantor YWII, Jl. Jawa No.159 RT/RW 004/007 , Beji Timur, Beji, Kota Depok
Telp : (021) 7775455 Atau email ke office@wahanainklusif.org


3. Monitoring dan Evaluasi


Lembaga/organisasi perlu melaksanakan monitoring dan evaluasi internal maupun eksternal untuk mendapatkan gambaran tentang keterlaksanaan, capaian, hambatan serta peluang dalam menjalankan sebuah program.


YWII menyediakan jasa monitoring dan evaluasi eksternal yang berfokus kepada program-program di bidang pendidikan, pengembangan potensi disabiiltas dan program yang berkaitan dengan issue pemenuhan hak asasi manusia.


Info selengkapnya terkait dengan Monitoring dan Evaluasi silahkan menghubungi Kantor YWII,

Kantor YWII, Jl. Jawa No.159 RT/RW 004/007 , Beji Timur, Beji, Kota Depok
Telp : (021) 7775455 Atau email ke office@wahanainklusif.org


4. Kampanye Pendidikan Inklusif


Salah satu tantangan mendasar yang merintangi penghargaan martabat , pemenuhan dan perlindungan, serta partisipasi penyandang disabilitas di dalam lingkungn masyarakat yang inklusif adalah masih terdapatnya stigma negatif dari masyarakat dalam memandang disabilitas itu sendiri. Oleh karena itu, YWII melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengubah stigma negatif tersebut, meningkatan kesadaran tentang pemenuhan dan perlindungan hak-hak disabilitas di segala bidang serta memperluas kesempatan para penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam masyarakat.


Kegiatan tersebut meliputi:

  • Penyuluhan kepada kelompok masyarakat
  • Menyebarkan informasi tentang penyandang disabilitas dan pendidikan inklusif melalui website and newsletter.
  • Diskusi di radio dan televisi
Render time: 0.04 seconds
79,938 unique visits