Mendapatkan pendidikan yang layak dan berkwalitas merupakan hak setiap anak di Indonesia. Namun karena berbagai tantangan yang terdapat di masyarakat dan sekolah, masih banyak anak, khususnya anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas yang belum dapat menempuh pendidikan di sekolah, atau pun jika sudah berada di sekolah, mereka belum mendapatkan layanan pendidikan yang memenuhi kebutuhan khususnya. Untuk memperbaiki kondisi ini, Pemerintah telah berkomitmen memenuhi hak pendidikan anak termasuk bagi anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas melalui pengembangan penyelenggaraan pendidikan inklusif. Namun seiring dengan pengembangan pendidikan inklusif ini, kasus-kasus diskriminatif terutama bagi anak berkebuthan khusus atau anak penyandang disabilitas masih saja terjadi.

Program advokasi yang dilaksanakan oleh Yayasan Wahana Inklusif Indonesia bertujuan untuk memperkuat penyelenggaraan pendidikan inklusif di Indonesia agar tidak terjadi lagi berbagai tindakan diskriminatif terhadap anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas di lingkungan pendidikan atau sekolah. Program advokasi ini dilakukan melalui kegiatan pertemuan berkala dengan pemerintah dan pemangku kebijakan lainnya, penyuluhan dan penyebaran informasi tentang hak pendidikan bagi orangtua dan masyarakat, kampanye kesadaran masyarakat, dan pendampingan langsung pada anak yang mendapatkan tindakan-tindakan diskriminatif atas dasar kedisabilitasannya. Pola advokasi yang digunakan adalah advokasi positif, yaitu tindakan advokasi yang dilaksanakan atas keinginan untuk dapat bekerjasama dengan setiap pemangku kepentingan terkait, serta dengan memanfaatkan kerjasama dengan Lembaga-lembaga advokasi yang dimiliki oleh negara.

Masyarakat yang memerlukan informasi tentang pendidikan inklusif dan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas, atau yang ingin mendapatkan bantuan terkait permasalahan yang dihadapi oleh anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas di sekolah, dapat menghubungi langsung Yayasan Wahana Inklusif Indonesia pada kontak yang telah tersedia.